Sunday, March 11, 2018

NUSA LEMBONGAN-CENINGAN APRIL 2017

Hampir setahun lalu tripnya tapi baru ditulis sekarang.

Ceritanya dalam rangka #birthdaytrip mau ke Komodo tapi mampir ke Bali dulu. Tanpa banyak browsing kita memutuskan ke Nusa Lembongan aja karena belum pernah. Awalnya pengen ke Nusa Penida, tapi ternyata harus nginep lebih dari sehari biar puas, dan pasti akan banyak keluar energi karena pemandangan indah di sana harus mengeluarkan keringat. Mengingat kita lagi hemat energi untuk Komodo Trip, maka diputuskan piknik cantik ke Nusa Lembongan.

Kebetulan selama di Bali tebengan kita di Sanur jadi deket deh dengan pelabuhan penyeberangan. Sudahlah nebeng, dikasi makan masih dianterin dan dijemput ke penyeberangan, nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Pagi-pagi kami sudah diantar ke tempat penyeberangan di Pantai Sanur. Disitu banyak penyedia jasa untuk public boat, harga tiket untuk turis gosong kayak kita 75ribu oneway. Ada dua pilihan, turun di Jungut Batu atau Mushroom Bay. Jungut Batu lebih sepi, jadi kalau pengen yang lebih hidup cari penginapan di area Mushroom Bay.

Singkat cerita kita terombang ambing di laut sekitar 40menit. Supir boatnya handal meliukkan kapal mengikut gelombang, betul-betul turunan nenek moyang Si Pelaut. Begitu boat melambat, saya yang sengaja duduk di belakang biar ga mabok langsung terpana melihat pemandangan. Air di pelabuhan Pantai Jungut Batu warnanya ijo turquoise, kontras dengan pasir pantai yang putih. Dasar laut terlihat jelas saking beningnya. Rumah-rumah (penginapan) di atas perbukitan jadi background, mirip pemandangan di Eropa gitu (yang belum pernah ke Eropa percaya aja deh). 

Sengaja duduk di ujung begini biar ga mabok laut 
Sampai di pelabuhan Jungut Batu ditawari sewa motor, tapi kita memilih jalan kaki menyusuri indahnya pantai menuju hotel yang menurut google map (hanya) 600m. Banyak pilihan penginapan disini, harganya variatif tapi jangan nyari hotel murah dengan pemandangan bagus dan bebas setan yaa. Setelah sampai di Tarcy’s Bungalow kita langsung mendudukkan diri manja menikmati pantai indah yang terpapar di depan. Niatan mau berenang menjelang sunset kandas, karena ternyata sore hari pantainya surut. Sungguh dilematis, karena kalau siang panas berenang di laut dijamin kulit semakin eksotis. Akhirnya sore itu kita habiskan dengan menikmati keindahan sunset di sepanjang pantai Jungut Batu dilanjut dengan birthday dinner ala-ala di hotel (yang ternyata mahal kurang berbaloi, jadi besoknya kita makan di warung Jawa deket hotel biar ga tekor hahaha).

Tarcy's Bungalow
Besok paginya kita sewa motor, 50rb/hari, menuju ke Nusa Ceningan. Jadi Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan itu terpisah dihubungkan jembatan kuning. Karena ga terlalu banyak cari info, kita ga punya tujuan pasti..senemunya aja ngikutin petunjuk. Seru juga cara seperti ini, karena pulaunya kecil yakin ga bakalan meski petunjuk tempat dan jalanan masih ala kadarnya aja. Justru ini kali yang bikin tempatnya masih cantik alami ya..pokoknya tiap pengkolan layak buat foto. Ini beberapa spot menarik yang kita temui;
Peta Nusa Lembongan dari sini
Pantai Jungut Batu 
Pantainya sepi di siang hari tapi cantik banget, agak rame menjelang sore hari untuk menikmati keindahan sunset. Dijamin ora kecewa!




Jembatan Kuning
Jembatan satu-satunya yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Harus hati-hati disini karena banyak bule yang baru bisa naik motor oleng-oleng.



Blue Lagoon
Penggambaran spot ini dicari tau aja arti Blue Lagoon..ya emang biru cakep sih, bingung jelasinnya ..liatin fotonya aja deh



Devil's Tears
Deburan ombak yang besar menghantam bebatuan menimbulkan percikan air mata yang keluar dari kemarahan..yang pasti percikan devil's tears ini lebih mengerikan daripada airmata buaya!





Dream Beach
Kalau menginap di sini dengan hotel yang punya akses langsung ke laut, berasa kolam renangnya luaaas banget..ini potonya diambil dari atas bukit, biar kelihatan penginapan cantik di sepanjang pantai di bawah itu. 


Secret Beach
Menurut kita sih semua pantai di sini bisa termasuk secret beach, jadi ga tau apa istimewanya pantai satu ini. Hampir semua pantai di Nusa Lembongan-Ceningan memang harus melalui jalan berkelok yang seperti penuh rahasia..sepertinya kalau kita piknik kesini, jalan kemanapun pasti ketemu pantai deh..keren-keren semua pula.



Jumping Point

Nah ini cocok buat yang nyawanya berlapis atau punya level keberanian mak Icih. Spot untuk loncat ada yang 13m,.pas disini lagi gerimis makanya ga sempat videoin orang loncat (sayang HP). Sekali loncat bayar berapa gitu lupa..tapi murah kok..banyak bule-bule pada nyobain. Sepertinya di area ini juga banyak penginapan-penginapan, namanya juga pulau kecil.


Dari semua spot-spot cantik yang kita temui, kalau saya pribadi paling berkesan dengan salah satu tempat di area Lebaoh, Nusa Ceningan. Ceritanya pas naik motor ngikuti petunjuk, kita asal-asalan aja sak nemunya..maka sampailah kami di sebuah warung (resto). Namanya juga di Nusa Ceningan, pasti letaknya juga di clift gitu..Pas cuaca gerimis, menikmati teh hangat di tempat yang sunyi, hanya ada suara kicau burung dan deru lirih kapal di kejauhan. Pemandangan hijau pulau Nusa Penida di depan dengan paduan air Selat Bali (kalau tidak salah)..pokoknya damaiii banget. Andai aku adalah pujangga yang membawa  laptop, pasti jadi satu buku isi kumpulan puisi :)



Demikianlah laporan #birthdaytrip April 2017 lalu..semoga diberikan kesehatan dan umur panjang untuk bisa menikmati trip-trip berikutnya. Semoga yang membaca pun ikut merasakan rasa syukur dan kegembiraan  dari cerita ini, kalau habis baca jadi sirik dan dengki sebaiknya segera cari promo tiket piknik *piss


Salam Piknik dari kami #birthdayboy dan #birthdaygirl :D






No comments:

Post a Comment

 
feed