Monday, January 26, 2015

Demokrasi bukan Democrazy!!


Tulisan ini dipersembahkan khusus untuk mas Toni Dageng yang katanya rajin membaca blog ini untuk lebih mengenal politik..dan menitip pesan agar blog ini makin aktif :)

Sungguh masukan yg mengalahkan rasa malas. Kebetulan kita mau melakukan pendidikan politik ke Lapas Anak Tangerang dengan tema pengenalan nilai demokrasi untuk membangun karakter bangsa. Tema ini rasanya penting, supaya orang lebih bisa move on kalau jagonya kalah dalam Pilpres.

Biar lebih mudah dipahami, kita share aja bahan presentasi yang telah dipersiapkan @anggunpuspit secara sederhana tapi cukup jelas. (sungguh ppt yg cerdas)

Slide 1: Apa itu Demokrasi?

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani demos (people) dan kratos (power). Jadi secara singkat demokrasi itu adalah kekuasaan tertinggi di tangan rakyat. 

Slide 2: Apa ukuran demokrasi ?

Gambar-gambar di slide ini cukup jelas kan menampilkan ukuran demokrasi yang seharusnya? ada kata kunci "kebebasan" disini. Meski kita bebas, bukan berarti kita bisa seenaknya karena semua orang kan memiliki kebebasan yang sama. Sekarang ini kalau kita liat ramenya TV, sepertinya berlaku slogan ini Sekali Bebas, Bebas Sekali!!! Banyak yang merasa pendapatnya terutama agamanya adalah paling benar..bener ga mas Toni??
Slide 3: Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam sistem demokrasi?

Berikut ini adalah nilai-nilai yang seharusnya kita hayati dalam melaksanakan sistem demokrasi. Coba dilihat sekeliling kita, sudah melaksanakan ini belum? 
Yang katanya punya Tuhan, ga takut hukum. 
Yang konon jadi wakil rakyat, malah mikirin kepentingannya sendiri. Mungkin mereka mewakili RAKYAT GA JELAS :D
Yang seharusnya bisa musyawarah, malah menang-menangan koalisi dalam menentukan politik..



Slide 4: Apa saja perwujudan demokrasi?
Jangan terlalu anti demokrasi dulu ya..karena meski ada kekurangannya, kita termasuk sukses menerapkan demokrasi loh,..Kalau mau demokrasi semakin maju, jangan hanya fokus pada kurangnya aja.

Menurut saya, salah satu bukti keberhasilan kita adalah dengan jumlah penduduk ratusan juta, tidak ada konflik besar atau bahkan perang dalam pelaksanaan Pilpres kemarin..Palingan PERANG STATUS doank :D
Ini menjadi bukti, rakyat Indonesia, kita semua sudah cukup dewasa dalam berpolitik. Indonesia sungguh hebat !