Sunday, April 27, 2014

DUNIA MAYA SURGA PLAGIASI

Judul postingannya bagus untuk judul pilem :D


Kemajuan ICT sekarang ini memang memudahkan semua tapi sekaligus menyesatkan. Tidak mudah bagi dosen untuk menjamin keaslian tulisan mahasiswa. Meski ada beberapa checker engine, tetap aja susah kalau mahasiswanya PINTER dikit.

Jengkelnya banyak mahasiswa yang KURANG PINTAR (baca: malas) cari bahan, dan melupakan  logika, "kalo mahasiswa bisa nemu online, dosennya juga pasti bisa". Harusnya, pinter dikit laah..tidak Co-Pas gitu aja sehingga termasuk kategori Plagiasi Polkadot (baca: bulat-bulat *kriuk)
Nah, bagi mereka yg melakukan Plagiasi Polkadot ini hukumnya jelas donk! *lempar makalah ke sampah

Susahnya adalah mereka yang masuk kategori Semi-Plagiasi. Kategori ini, bisa jadi si mahasiswa memang mengambil sengaja sebagian kecil atau besar karya orang lain secara sadar. Cilakanya kondisi ini juga berlaku terhadap mahasiswa yang tanpa sadar mengutip karya orang lain akibat ketidaktahuan kaedah penulisan rujukan.

Batasan seseorang melakukan plagiasi juga terkadang rancu. Umumnya, Plagiasi Polkadot itu kesamaannya lebih dari 80% baik ide maupun tulisannya (seringnya tidak mencantumkan sumber rujukan). Sedangkan masi bisa ditolerir jika secara ide tidak persis sama, tidak menjiplak lebih 80% karya orang lain, dan mencantumkan dari mana asal tulisan tersebut. Kondisi yang kedua ini memerlukan kesabaran dosen dalam memberi masukan…Zzzzz

Teringat semester lalu, sempat terjadi perdebatan mengenai karya mahasiswa ini plagiasi atau bukan. Sebagai pembimbing, saya berusaha objektif dan tidak membela dia meski saya tahu betul kemampuan mahasiswa tersebut.

Susah memang menentukan batasan plagiasi, tapi yang penting bagi saya adalah fair aja, tidak boleh judging tanpa bukti. Seperti kata Dorce "kesempurnaan milik Allah semata" jadi rasanya tidak ada tulisan yang bisa dikatakan orisinal 100%. Bahkan sekarang ada istilah autoplagiat bagi kita yang mengutip tulisan kita sebelumnya (padahal karya sendiri loh!).

*Mbrebes mili lanjut koreksi paper mahasiswa Master yang bau plagiasi :(((((

Seraya-BL, 27 April 2014 10.29PM

D



No comments:

Post a Comment

 
feed