Monday, July 23, 2012

BOOKING HOTEL ONLINE


Selain tiket murah, yang biasa diburu orang mau jalan-jalan adalah penginapan yang strategis dan tentunya murah. Biasanya untuk mendapatkan akomodasi yang murah dan layak, kita akan meminta rekomendasi dari orang-orang yang pernah pergi ke tempat tujuan, atau mencari informasi di internet. Kalau tidak punya tumpangan, biasa saya memesan akomodasi melalui web. Gara-gara pengalaman dulu pernah salah pesan hotel di Filipina yang tempatnya jauh dari peradaban, saya kini lebih teliti dalam memesan hotel. Pertama yang saya lihat adalah lokasi dengan mempertimbangkan apakah dekat dengan tempat-tempat yang hendak dituju; bagaimana transportasi dari dan menuju kesana? Dan yang jelas apakah harganya sesuai dengan kantong (baca: murah!).

Setelah menemukan beberapa tempat yang memenuhi kriteria-kriteria itu, kemudian saya akan melihat ulasan mereka yang pernah menginap sebelumnya. Ulasan ini sangat subyektif, tergantung pengalaman masing-masing orang, tetapi bisa menjadi bahan pertimbangan kita. Misalnya, ada yang tidak puas dengan suatu hotel karena tidak ada jendelanya, meski semua fasilitas memuaskan. Buat saya, itu bukan masalah kalau memang tujuan utama kita adalah jalan-jalan bukan menikmati pemandangan dari hotel. Saya pernah dapat hotel bagus di Shanghai, meskipun dengan kondisi “no window” tapi tempar tidurnya twin dengan ukuran king size. Untuk kaki pegal setelah seharian jalan, kasur nyaman lebih penting daripada jendela bukan?. Tetapi ketika di Phuket, saya pernah menginap di hotel yang memenuhi semua kriteria itu dengan bonus beach view, wow..    

Dimana bisa memesan hotel?
Ada banyak cara memesan hotel,..selain melalui telpon langsung (nasional), kita juga bisa membeli voucher dari travel agent yang biasanya lebih murah daripada kalau reserve langsung ke hotelnya. Harga hotel yang dipesan langsung dari kaunter hotel di airport juga seringkali diskon. Cara yang paling praktis di era sekarang ini jelas booking hotel secar online melalui laman web hotel langsung atau lewat beberapa laman web berikut ini;

www.asiatravel.com
Kelebihan dari Asiatravel yang sering ditawarkan adalah fasilitas instant booking dan last minute deal tanpa jaminan kartu kredit. Asiatravel juga sering memberikan promo diskon murah tetapi kita harus mencapai nilai poin untuk bisa menggunakan kode promo.
Informasi availability room dan harga sangat jelas jadi kita bisa milih hari dan harga yang cocok. Harga yang ditampilkan belum termasuk service charge (sekitar 10%) plus pajak. Disini kita juga bisa sekaligus booking flight dan tiket masuk ke beberapa tempat seperti Universal Studio, Singapura.

www.asiarooms.com
Prosedur booking di AsiaRoom praktis dan mudah dilakukan. Kita tinggal memilih di search engine maka keluar nama-nama hotel pilihan. Tersedia juga kolom review, sehingga kita bisa membaca ulasan pengalaman mereka yang pernah menginap. AsiaRoom tidak meminta payment langsung, tapi tetap meminta kartu kredit kita sebagai jaminan. Hanya saja prosedur untuk pembatalan harus H-7 kalau tidak bisa kena charge 1 malam.

www.booking.com
Sama halnya dengan AsiaRom, memesan hotel di Booking.com tidak diminta payment di muka. Kita bisa membayar cash atau menggunakan kartu lain ketika check in (tergantung kebijakan hotel). Booking.com hanya meminta informasi kartu kita sebagai garansi saja. Apabila kita tidak datang (batal) pada tanggal pemesanan, maka otomatis akan dikenakan biaya pemesanan satu malam. Berbeda dengan provider sebelumnya yang lebih fokus ke hotel-hotel di Asia, cakupan hotel Booking.com worldwide.

www.hostelworld.com
Cakupan hotel Hostelworld juga worldwide. Sesuai dengan namanya, provider ini lebih banyak memberikan pilihan akomodasi untuk para backpacker atau budget traveler. Hitungan Hostelworld adalah per person, jadi kalau kita pergi berdua atau bertiga kadang jatuhnya lebih mahal. Beberapa kali saya bandingkan, harga hotel lebih murah kalau bayarnya bisa sharing dengan teman seperjalanan, daripada menginap di hostel tapi bayar per kepala. Tetapi kalau pergi berenam kita bisa memesan type dormitory di Hostelworld.

www.rajakamar.com
Kalau provider ini khusus menyediakan hotel-hotel di Indonesia. Harga yang ditawarkan memang sering lebih murah. Tapi saya agak malas booking disini karena harus register dulu. Setelah pemesanan berlangsung kita harus menunggu sms/email konfirmasi agak lama dan belum tentu kamar yang kita pesan tersedia.

www.agoda.com
Saya paling sering booking hotel lewat Agoda, bahkan bisa dikatakan ini web favorit saya. Hampir sama dengan web lainnya, booking online melalui Agoda prosesnya juga mudah dan cepat. Agoda memberikan garansi harga termurah dan telah terbukti dalam beberapa kali pemesanan yang saya lakukan. Agoda juga menawarkan perubahan dan pembatalan gratis (asal kurang dari 24 jam/tergantung kebijakan hotel). Kelebihan lainnya adalah poin yang kita peroleh bisa digunakan dalam pemesanan berikutnya. Hanya dengan memberikan ulasan kita bisa mendapatkan dan menggunakan poin kita. Ulasan ini meski subyektif cukup menjadi bahan masukan sebelum memesan suatu hotel. Sayangnya Agoda langsung meminta pembayaran dengan kartu kredit.

www.airasia.com
Airasia terkenal sebagai maskapai yang sering menawarkan promo-promo terbang murah bahkan gratis. Dengan slogan “everyone can fly” betul-betul membantu orang-orang yang seperti saya, doyan jalan tapi duit terbatas hahaha! Memesan hotel+flight disini secara paket akan lebih murah dibanding hanya memesan hotel saja.

Dimanapun  anda melakukan pemesanan hotel, pastikan kartu kredit anda mempunyai limit yang cukup dan jangan lupa membawanya ketika check in. Demi keamanan pemilik kartu, beberapa hotel akan meminta kita menunjukkan fotocopy kartu yang digunakan untuk booking. Bahkan pihak hotel bisa menolak apabila kita tidak mampu menunjukkan kartu yang digunakan dalam pemesanan. Semua itu untuk menghindari penyalahgunan transaksi online yang marak di dunia maya.

Seraya BL, 13 Juni 2012

D

No comments:

Post a Comment

 
feed